Komandan STTAL Hadiri Upacara Tabur Bunga Peringatan Hari Dharma Samudera 15 Januari 2022


MedanEkspres | Selat Madura - Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Dr Ir Avando Bastari, MPhil, MTr Opsla, menghadiri upacara tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera 15 Januari 2022, yang digelar di Hanggar Heli KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-911 yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di ikuti para pejabat utama Mabesal, Pangkoarmada II, Para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya,Atase Pertahanan Negara Sahabat,  serta dihadiri Forkopimda Jatim di Selat Madura  Surabaya. Sabtu (15/1/2022)

Hari Dharma Samudera diperingati setiap tahun oleh TNI Angkatan.Laut untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Laut Arafuru  antara tentara Indonesia melawan Belanda untuk mempertahankan Irian Barat.  Hari Dharma Samudera juga memperingati peristiwa heroik Komodor Yos Sudarso yang gugur sebagai pahlawan.

Upacara tabur bunga dilaksanakan di Selat Madura ditandai dengan melarung karangan bunga dari atas KRI dr Wahidin Sudirohusodo-911 oleh Kasal sebagai Inspektur Upacara di ikuti tabur bunga oleh para undangan, peringatan Hari Dharma Samudera diperingati seluruh Jajaran TNI Angkatan Laut dimanapun berada dan bertugas dengan melaksanakan upacara. 

Dalam sejarah singkatnya pada tanggal 15 Januari 1962, 3 Kapal cepat RI berjuang untuk merebut Irian Barat dari tangan penjajah Belanda, 3 kapal tersebut memiliki tugas infiltrasi mendaratkan pasukan di kaimana Papua Barat. Adapun kapal cepat RI tersebut kapal RI Macan Tutul, kapal RI Macan Kumbang dan kapal RI Harimau.

Ketiga kapal cepat tersebut tiba-tiba  di ikuti oleh dua pesawat terbang Belanda disusul dua kapal musuh berjenis Destroyer dan Freegat dengan menembakkan peluru tajam dan suar ke ketiga  kapal cepat RI. 

Dalam keadaan darurat Komodor Yos Sudarso yang berada dikapal RI Macan Tutul mengambil alih pimpinan dan memerintahkan tembakan balasan dan melakukan manuver perlawanan untuk.mengecoh musuh dipusatkan pada kapal  RI Macan Tutul  dan dua kapal lainnya dapat diselamatkan.

Perlawanan gigih Komodor Yos Sudarso  beserta anak buah kapal (ABK) RI Macan Tutul dilakukan dengan semangat pantang menyerah, akan tetapi karena kalah persenjataan membuat pertempuran tidak seimbang. 

Peristiwa tersebut mengakibatkan  tenggelamnya kapal RI Macan Tutul dan gugurnya Komodor Yos Sudarso beserta sekitar 25 ABK kapal RI Macan Tutul. 

Sebelum Kapal RI Macan Tutul karam, melalui radio Komodor Yos Sudarso, menggelorakan semangat kepada seluruh personel  \armada dengan meneriakkan perintah "Kobarkan Semangat Pertempuran". (*/Zul) 

*Sumber: Bagpen STTAL 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.