Antisipasi Penyebaran DBD, STTAL Lakukan Fogging


MedanEkspress | Surabaya - Dalam minggu-minggu ini kondisi cuaca di sekitar Ksatrian mess mahasiswa STTAL sering berubah-ubah terkadang pagi panas, siang/sore/malam hujan dan besok panas lagi. Dengan adanya kondisi seperti ini sangat potensial untuk berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti yang berakibat terjadi Demam Berdarah Dengue (DBD).

Oleh karena itu, menindak lanjuti perintah dan arahan Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., M.Tr.Opsla., untuk menghindari dan mencegah terjadinya DBD di lingkungan Kampus atau Mess STTAL Bumimoro Krembangan Surabaya, pada hari Senin, 31 Januari 2022 maka Tim Bakes STTAL langsung bergerak melaksanakan Fogging  bekerja sama dengan Tim Satkes Kodiklatal.

"Fogging focus adalah pengasapan dengan fokus lokasi dalam radius tertentu. Fogging pun hanya bisa dilakukan jika di sebuah lokasi ditemukan adanya perkiraan jumlah nyamuk yang meningkat dari perkembangannya,” kata Bakes STTAL, Serma Rum Muji Sasmito menerangkan mengenai tujuan fogging.

Dari informasi yang didata, Fogging (pengasapan) memotong siklus penyebarannya dengan memberantas nyamuk tersebut. Salah satu yang menyebabkan Demam Berdarah dan Malaria. 

Selain itu juga dapat dilakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan (MBS) untuk mengetahui sampel darah penderita malaria serta memberantas jentik nyamuk.

Namun bila hal ini tidak dikendalikan bisa memicu ledakan masalah pada masa datang karena umumnya dikerjakan tanpa dilandasi pengetahuan yang benar. Tingginya mobilitas penyakit itu memaksa kita bertindak: memberantas nyamuk anopheles, culex, Aedes aegypti sebagai serangga yang berbahaya.

Lebih lanjut dijelaskan, pengasapan atau fogging yang dimaksud bertujuan untuk menyebarkan pestisida ke udara/lingkungan melalui asap, yang diharapkan dapat membunuh nyamuk dewasa (yang infektif), sehingga rantai penularan malaria dan DBD bisa diputuskan dan populasinya secara keseluruhan akan menurun.

"Para mahasiswa STTAL harus rutin membersihkan pekarangan dan selokan di sekitar komplek mess, kamar mandi dan kamar masing-masing mahasiswa serta membudayakan hidup bersih", pungkasnya.

Sumber: Bagpen STTAL
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.