Pasukan Lapis Baja Naga Karimata Gelar Latihan Tempur di Sawit Seberang


MedanEkspress | Medan - Pasukan Lapis Baja Naga Karimata atau Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata menggelar latihan tempur selama tiga hari (26-28 September 2022) di daerah Sawit Seberang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Latihan tempur tingkat kompi ini melibatkan 13 kendaraan lapis baja, terdiri dari 9 Unit Ranpur AMX Canon 105mm dan 4 Unit Ranpur AMX APC. 

Danyonkav 6/NK, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara, SIP, di Markas Batalyon Jln Asam Kumbang, Senin (3/10/2022) menjelaskan, latihan tempur atau Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi ini bertujuan untuk melatih kembali dasar-dasar tempur dan doktrin tempur para Prajurit Lapis Baja Naga Karimata. 

"Sebagai Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur), Prajurit Yonkav 6/NK terus mengasah naluri tempur yang dimiliki guna mengoptimalkan manuver bersama pasukan infanteri sebagai Satuan Tempur (Satpur)," jelas Danyonkav 6/NK.

Diuraikan Danyonkav, Satuan Kavaleri merupakan satuan yang mampu bergerak, bermanuver dengan cepat dalam skala besar bersama sama pasukan Infanteri, melaksanakan fungsi penggempur dengan daya gerak, daya tembak, daya kejut yang mampu berperan sebagai pendobrak yang akan membuka jalan bagi pasukan infanteri ketika memasuki medan tempur. 

"Untuk itu, perlu adanya program latihan terencana dan berkesinambungan. Salah satunya adalah UST Tingkat Kompi ini, sehingga Pimpinan Satuan Komando Atas dan Komandan Batalyon mengetahui sejauh mana tingkat naluri tempur para prajurit Lapis Baja Naga Karimata," ungkap Letkol Nugraha Yudha Prawiranegara.

Dikatakan Pamen TNI AD abituren Akmil 2003 itu, kegiatan latihan ini merupakan lanjutan dari berbagai tahapan-tahapan latihan sesuai kalender latihan yang telah disusun oleh Staf Operasi Yonkav 6/NK. 

Sementara, Komandan Latihan UST Tingkat Kompi Yonkav 6/NK TA 2022 yang juga Wakil Komandan Rindam I/BB, Kolonel Inf J Adventino Krismadi  menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu tolok ukur dan penilaian dari seluruh kegiatan latihan yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh satuan Yonkav 6/NK. 

Karena itu diharapkan kepada para Komandan Kompi (Danki) harus mengetahui tugas dan tanggungjawabnya, serta melakukan pengawasan ketat dan fleksibel terhadap para Komandan Peleton dan para anggotanya. 

"Saya ingin para prajurit yang terlibat dalam UST Tingkat Kompi ini untuk senantiasa mampu menunjukkan keseriusan dalam latihan dengan maksimal, namun tetap perhatikan faktor keamanan dan keselamatan dalam latihan", pungkasnya.

Kegiatan UST Tingkat Kompi Yonkav 6/NK TA 2022 ini juga dipantau langsung oleh Kasdam I/BB, Brigjen TNI Rifky Nawawi, SE, SIP, didampingi Danbrigif 7/RR, Kolonel Inf Gede Setiawan, pengawas pelaksanaan UST Tingkat Kompi Yonkav 6/NK, Letkol Kav Widi Bayu, serta Dandim 0203/Langkat, Letkol Inf M Eko Prasetyo.

Sumber: Pendam I/BB
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.