Heroik! Prajurit Kodim 0303 Selamatkan Korban Laka dan Evakuasi ke RSUD Bengkalis


MedanEkspress | Bengkalis – Pengabdian Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) di jajaran Kodim 0303 Bengkalis kepada masyarakat di Negeri Junjungan tak sebatas isapan jempol belaka. Faktanya, sisi merakyat itu tetap ditonjolkan dalam segala situasi, termasuk yang dilaksanakan Sertu Edwar, Kopda Fendi dan Sertu Naam pagi tadi, Kamis (2/2/2023).

Ketiga prajurit Kodim 0303 Bengkalis ini spontan turun ke jalan setelah melihat adanya kecelakaan di bilangan jalan lintas Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis – Riau. Tak tanggung, ketiganya cekatan membantu korban yang terjatuh di jalanan akibat kecelakaan dengan pengendara lainnya.

Awalnya, seorang siswi yang berasal dari salah satu sekolah tingkat lanjutan atas (SLTA/SMA/SMU/SMK/Sederajat, red) di wilayah Bengkalis berinisial Sa (anak di bawah umur, red) melaju mengendarai sepeda motor merek Honda Beat dari arah Desa Jangkang menuju Bengkalis. Di pertengahan, tiba-tiba seorang lelaki mengendarai sepeda motor merek Yamaha N-Max melaju keluar dari Gang H. M. Yusuf menuju jalan lintas Bantan – Desa Senggoro.

Pada saat itulah, terjadi kecelakaan antara pelajar perempuan dengan pemotor lelaki tersebut. Akibatnya, Sa alami luka-luka di beberapa bagian tubuh, termasuk tangan dan pelipisnya. Bahkan, helm yang digunakannya saat itu pecah akibat kencangnya benturan kecelakaan.


“Pelajar yang pakai Honda Beat syok, terjatuh ke jalan. Helmnya pecah, ada luka-luka,” kata Sertu Edwar, prajurit Kodim 0303 Bengkalis.

Pada kesempatan itulah, ketiga prajurit tersebut dibantu prajurit lainnya berupaya membantu para pihak yang terlibat laka. Lantaran syok pasca laka, Sa tak sanggup melangkahkan kaki. Sertu Edwar pun berinisiatif mengangkat korban, diikuti pria yang juga terlibat dalam kecelakaan tersebut.

Saat korban diangkat dari jalan, Kopda Fendi berupaya mengatur arus lalu lintas agar proses evakuasi tak memicu laka lanjutan. Seluruh pengendara yang hendak melintas kala itu melambat berkat adangan tangan humanis Kopda Fendi dan memberi ruang bagi Sertu Edwar membantu Sa.

Selain Sertu Edwar dan Kopda Fendi, ada juga Sertu Naam pada saat kejadian. Ia berupaya mengamankan seluruh kendaraan yang terlibat laka agar tak mengganggu arus lalu lintas. Seluruh barang bawaan para korban yang terlibat laka juga dibawa agar tak tercecer dan hilang, terutama keperluan sekolah Sa.


Selanjutnya, Sa dilarikan ke RSUD Bengkalis guna mendapatkan penanganan medis atas luka-luka di beberapa bagian tubuhnya. Dalam kejadian itu, para prajurit meminta pria pengendara N-Max untuk tetap tenang dan kooperatif membantu. 

“Alhamdulillah, si Bapak yang terlibat laka dengan Sa mau dengarkan saran kita. Beliau kooperatif dan ikut membantu membawa Sa ke RSUD Bengkalis. Korban yang luka-luka segera ditangani tim medis, keadaannya sadar tapi agak lemas. Namun berangsur membaik berkat penanganan dan penindakan yang cepat,” ujar Sertu Edwar.

Berkat respon cepat prajurit Kodim 0303 Bengkalis membantu dan mengangkat korban dari jalanan menuju ke RSUD Bengkalis, Sa berhasil pulih dengan cepat. Niatnya bersekolah tak harus putus berhari-hari demi alasan istirahat pasca laka. Kesehatannya membaik, bahkan segera tersenyum dan berterima kasih kepada para prajurit yang menolongnya. “Terima kasih ya Pak, sudah bantu saya,” ungkap haru Sa kepada para prajurit yang menolongnya.

Aksi itupun viral di masyarakat. Pengendara dan warga sekitar yang menyaksikan mengaku salut dan memberi apresiasi tertinggi kepada prajurit Kodim 0303 Bengkalis berkat aksi heroiknya membantu Sa dari insiden kecelakaan di jalan raya.


"Salut sama Bapak-bapak TNI, sangat cekatan membantu. Bahkan dibawa pula ke RSUD. Sangat baik dan membantu kesulitan masyarakat. Kami bangga dengan kehadiran prajurit Kodim Bengkalis ini,” kata Suparman, warga sekitar yang turut menyaksikan kejadian tersebut.

Pasca kejadian, situasi aman terkendali. Ketiga prajurit tersebut tak lupa menengahi polemik antara kedua pengendara dan berakhir damai. Sertu Edwar pun mengimbau kepada keduanya untuk lebih berhati-hati saat berkendara, utamanya Sa, sang siswi pelajar. “Semuanya aman, sudah damai dan korban sudah diobati. Tak lupa kita imbau untuk selalu hati-hati di jalan. Agar kedepan kejadian serupa tak berulang terjadi,” imbau Edwar.

Terkait aksi heroik tersebut, Komandan Kodim (Dandim) 0303/Bengkalis, Letkol Inf Endik Yunia Hermanto mengaku bangga atas kesigapan prajurit. Tindakan cepat dan bersifat membantu kesulitan rakyat dinilainya sangat tepat dan selalu ia gelorakan bagi seluruh prajuritnya.

“Ketiga prajurit saya telah melakukan pengabdian yang tepat dan baik. Sifatnya membantu kesulitan masyarakat, saya sangat bangga, begitu pula dengan masyarakat. Atas nama institusi dan seluruh prajurit, saya ucapkan terima kasih kepada Sertu Edwar, Kopda Fendi dan Sertu Naam karena telah bertugas dengan mengedepankan kepentingan masyarakat umum ketimbang kepentingan pribadi,” ungkap Letkol Endik.

“Tindakannya sangat terpuji, terima kasih telah menonjolkan sisi baik yang mengangkat nama institusi. Tetaplah menjadi contoh baik di tengah masyarakat, utamanya di kalangan militer Kodim 0303 Bengkalis. Yang paling penting, bagi seluruh prajurit, tetaplah tunaikan baktimu sepenuh hati,” pinta Dandim.

Sumber: Kodim 0303/Bkls
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.