Babinsa Koramil 0204-01/Sgl Dampingi Tim Pemanfaatan Sampah Sosialisasi di Desa Helvetia


MedanEkspress | Sunggal - Babinsa Koramil 0204-01/Sunggal, Sertu Sujito ikut memberikan pendampingan kepada Tim Pemanfaatan Sampah melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Selasa (8/8/2023).

Sosialisasi tentang pemanfaatan sampah yang diprakarsai Pemdes Helvetia bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (ASOKSI) Sumbagut tersebut digelar di Jln Karya VII, Dusun VI, Desa Helvetia, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang. 

Dalam paparannya, Ketua ASOKSI Sumbagut, Bu Arma Chaniago menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan sampah, sehingga bernilai ekonomis.

"Sampah ada dua jenis. Yakni organik dan non organik. Sampah organik berupa sisa makanan, sayuran dan sejenisnya bisa dijadikan pupuk kompos yang fungsinya untuk menyuburkan tanaman," jelas Arma Chaniago. 

Tak kalah pentingnya, tambah Benri Sagala dari ASOKSI Sumbagut, bahwa sampah organik juga bisa dimanfaatkan menjadi bahan biogas dan sumber energi listrik. 

Sedangkan sampah non organik yang merupakan hasil campur tangan manusia, seperti kemasan plastik dan sejenisnya, bisa dijadikan bahan kerajinan, digunakan kembali (Reusable), dan diubah menjadi media tanam.
 

Dalam kesempatan ini, Arma Chaniago berharap kepada warga masyarakat, khususnya di Dusun VI, Desa Helvetia, Kecamatan Sunggal ini bisa memanfaatkan sampah di sekitarnya untuk diolah dan memberikan nilai tambah bagi perekonomian rumah tangga. 

"Melalui sosialisasi ini, kita berharap kepada masyarakat bisa mengubah pandangan dan perilakunya terhadap sampah, baik sampah organik dan anorganik, sehingga tidak saja menjadi lebih bermanfaat, tetapi juga bisa mengurangi tingkat pencemaran lingkungan," urainya. 

Kegiatan sosialisasi yang juga dikemas dengan praktik cara memilah sampah dan mengolahnya, turut dihadiri Kades Helvetia, Guntur Sutrisno Limbong, SH, Kasi Kebersihan, Taufik Tarigan, Bhabinkamtibmas Aipda S Sianturi, perangkat dan Kadus Desa Helvetia, ibu-ibu PKK Desa Helvetia, serta warga masyarakat sekitar sebanyak 50 orang.

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.