PPAD Sumut Hadiri Rangkaian Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Medan


MedanEkspress | Medan - Segenap pengurus PPAD (Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat) Sumatera Utara turut menghadiri rangkaian acara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 di Kota Medan. 

Pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Merah-Putih Tahun 2023 Provinsi Sumatera Utara yang digelar di Lapangan Astaka, Jln Willem Iskandar/Pancing, Kota Medan, Kamis (17/8/2023) pagi, hadir langsung Ketua PPAD Sumut, Kolonel Cba (Purn) Ganda Simanjuntak, SSos, bersama Wakil Ketua, Kolonel Inf Purn Normal Sitorus, SIP, MM dan Wakil Ketua 2 Badan Pertimbangan, Brigjen TNI Purn Gatot Eko Puruhito, SE, MM. 
 

Kehadiran pengurus PPAD Sumut di acara ini tidak hanya sebagai wujud kecintaan, dan kepedulian terhadap Tanah Air, tapi juga sebagai implementasi jiwa patriotisme yang tak pudar oleh waktu kendati sudah tidak lagi aktif berdinas di kemiliteran.

"Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-78. Semoga bangsa dan negara tercinta ini Terus Melaju untuk Indonesia Maju, sesuai tema peringatan HUT kali ini," ucap Kolonel Cba (Purn) Ganda Simanjuntak di sela-sela acara. 
 

Dalam acara ini, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Gubenur Sumut, Letjen TNI (Pun) Edy Rahmayadi (Ketua Badan Pertimbangan PPAD Sumut), dengan Komandan Upacara, Mayor Inf Medwin Sangkakala, SSos, MHan, yang juga Danyonif Mekanis 121/Macam Kumbang.

Upacara dimulai tepat pukul 10.00 Wib, dengan ditandai sirine dilanjutkan pembacaan naskah teks proklamasi oleh Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting. 
 

Selanjutnya dilakukan pengibaran Bendera Merah-Putih yang dilakukan oleh 70 anggota Paskibra Provinsi Sumut dengan diiringi Marching Band Gita Abadi dari Satpol PP Pemprovsu, serta paduan suara gabungan siswa SLTA. 

Bertindak sebagai pembawa baki Utama (pagi), Najla Raihana Tsabitah (Kota Binjai/SMAN 2 Binjai), dengan Baki Cadangan (pagi) oleh Joylin Christin Mendrofa (Kota Gunung Sitoli/SMAN Unggulan Sukma Nias).
 

Sedangkan petugas penggerek bendera (pagi) adalah Bobbie Hermawan (Labusel/SMAN 1 Kota Pinang), dengan Komandan Rukibra, Endy Septyan (Kota Binjai/SMKN 2 Binjai), serta pembentang bendera oleh Ade Nugroho (Kabupaten Langkat/SMAN 1 Stabat). 

Prosesi upacara diakhiri dengan sesi foto bersama unsur Forkopimda Sumut dengan personil Paskibra. Tak ketinggalan, Ketua PPAD Sumut bersama pengurus dan sejumlah kolega, juga melakukan sesi foto bersama Pangdam I/BB.
 

Hingga sorenya saat Serenade Pelajar dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih digelar, pengurus PPAD Sumut juga turut hadir. Kali ini diwakilkan kepada Mayor Cpm (Purn) Nurkholis (anggota Bidang Hukum) dan Mayor Cpl (Purn) Sumurung Marpaung (anggota Bidang Organisasi dan Hubungan Kelembagaan).

Pawai Taptu 
 

Sehari sebelumnya, Rabu (16/8/2023) malam pukul 20.00 Wib, pengurus PPAD Sumut yang diwakili Kolonel Inf (Purn) Normal Sitorus, SIP, MM (Wakil Ketua) bersama Kolonel Ctp (Purn) Drs Christian Chaniago (anggota Bidang Sosial) juga menghadiri acara pelepasan peserta Taptu (pawai obor) dari garis start depan Kantor Gubernur Sumut, Jln Diponegoro Medan menuju finish di TMP Bukit Barisan, Jln Sisingamangaraja Medan. 

Pelepasan ribuan peserta pawai Taptu yang terdiri dari barisan marching band, pelajar, mahasiswa, Pramuka, ASN, TNI-Polri dan beberapa kendaraanbitu dilakukan oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin, SE, MSi, sebagai Inspektur Upacara.
 

Acara diawali dengan penyulutan obor peserta pawai Taptu secara simbolis oleh Pangdam I/BB.

Segenap unsur Forkopimda Sumut juga hadir di sana. Mulai dari Gubsu, Ketua DPRD Sumut, Kapoldasu, Irjen Pol Agus Setya Imam Effendi, Kajatisu, Idianto, SH, MH, Kabindasu, Brigjen TNI Asep Jauhari, Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Johanes Djarnako Wibowo, hingga Dankosek I Medan, Marsma TNI Reka Budiarsa.
 

Para Pejabat Utama (PJU) TNI-Polri dan Sipil Pemerintahan juga hadir. Bahkan Konsul negara-negara sahabat juga terlihat di barisan undangan pada tribun utama. 

AKRS

Peserta Taptu yang bergerak dari Kantor Gubsu menuju TMP Bukit Barisan di Jln Sisingamangaraja Medan akan melaksanakan Apel Kehormatan Renungan Suci (AKRS).

AKRS adalah salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan.
 

Kegiatan di sini juga dipimpin Pangdam I/BB. Seluruh unsur Forkopimda bersama para PJU dari TNI-Polri dan Sipil Pemerintahan juga hadir. Pengurus PPAD Sumut juga tak ketinggalan. Kali yang hadir diwakilkan kepada Kolonel Ctp Purn Drs Soehardjito HS, MSc (Sekretaris) dan Letkol Caj Purn Warsono (Ka Tuud). 

Prosesi AKRS diawali dengan penghormatan oleh seluruh peserta apel kepada arwah para pahlawan. Kemudian, tepat pukul 00.00 Wib, seluruh lampu penerangan di area TMP Bukit Barisan dipadamkan, dan diganti dengan nyala obor.
 

Di tengah suasana temaram dan keheningan yang syahdu itu, Pangdam I/BB membacakan naskah Apel Kehormatan Renungan Suci.

Kami yang hadir pada hari ini, Rabu 17 Agustus 2023 pukul 00.00 Wib pada upacara memperingati akan jasa-jasa para pahlawan
-TNI 4.063 orang.
-Kepolisian RI 563 orang.
-Pegawai Sipil 369 orang.
-Pejuang Rakyat 258 orang.
-Pahlawan Tak Dikenal 130 orang.
-Jumlah 5.383 orang.
 

Dengan ini kami menyatakan hormat atas keikhlasan dan pengorbanan saudara-saudara dalam memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kami bersumpah dan berjanji akan melanjutkan perjuangan saudara-saudara untuk mempertahankan Kemerdekaan dan Kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapat tempat terbaik di sisi-NYA.

Usai pembacaan naskah AKRS, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang diiringi tiupan terompet dari empat penjuru mata angin, serta diakhiri dengan laporan penutup.

Resepsi Kenegaraan 
 

Rangkaian kegiatan puncak peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 di wilayah Provinsi Sumut ini diakhiri dengan acara resepsi Kenegaraan yang digelar di Aula T Rizal Nurdin Rumah Jabatan Gubsu, Jln Sudirman No.41 Medan. 
 

Acara dimulai pukul 20.00 Wib pada Kamis malam. Di sini, Gubsu menyampaikan ucapan selamat HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang dilanjutkan dengan sambutan, serta testimoni dari Konsul/Konjen perwakilan negara sahabat. 
 

Dalam acara ini hadir pula Ketua PPAD Sumut bersama sejumlah pengurus, serta tamu dan undangan lainnya. 

Berbagai agenda disiapkan di acara ini. Di antaranya pemotongan tumpeng, penampilan tarian multi etnis Sumut, paduan suara hingga hiburan lagu-lagu perjuangan. 
 

Sejumlah Konsul/Konjen Perwakilan Negara Sahabat turut menyumbangkan suaranya dengan membawakan lagu-lagu perjuangan. 

 Sumber: Humas PPAD Sumut
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.