TNI Lestarikan Lingkungan, Kodim 0204/DS Tanam Pohon dan Bersihkan Parit


MedanEkspress | Lubukpakam - Kodim 0204 DS dalam program Bakti sosial TNI melaksanakan pelestarian Lingkungan di Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang bersama Pemerintah Kecamatan Lubukpakam, Polsek Lubukpakam, FKPPI Deliserdang beserta masyarakat, Jumat (8/12/2023).

Kegiatan Bakti Sosial dibuka langsung oleh Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto, SH, MSi, di halaman pasar tradisional Bakaran Batu, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang.

Dalam arahannya Dandim mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial TNI ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia. TNI bersama Pemerintah dan Masyarakat bergotong royong dalam tanggap bencana salah satunya antisipasi banjir saat musim penghujan.
 

Pada semua elemen yang terlibat dalam bakti sosial ini melakukan pembersihan pasar tradisional dan parit drainase dari sampah serta sendimen lumpur yang menghambat aliran air.

"Selain melakukan pembersihan saluran air, kita juga melakukan penanaman pohon dibantaran sungai Kualanamu sebagai bagian dari pelestarian alam," sebut Dandim 0204 DS.

Dalam keterangan persnya, Dandim 0204 DS menyebutkan bahwa beberapa daerah di teritorial Kodim 0204 DS memang menjadi atensi rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Untuk antisipasi pihaknya melalui jajaran Koramil diwilayah masing masing sudah diperintahkan terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan Pemerintah setempat baik dalam kegiatan antisipasi maupun penanggulangan bencana.
 

"Tentunya prajurit TNI Kodim 0204 DS dimasing masing wilayah terus memonitor lingkungan dan masyarakat disekitarnya. Ini tanggung jawab bersama bukan hanya TNI namun juga masyarakat dalam mengantisipasi bencana alam dengan menjaga serta merawat lingkungannya. Dan dari pantauan hingga saat ini wilayah teritorial Kodim 0204 DS masih aman dan kondusif," sebut Dandim.

Sementara itu, Camat Lubukpakam, Drs. Syahdin Setia Budi Pane mengatakan Pemerintahan Kecamatan Lubukpakam tentunya mendukung penuh kegiatan bakti sosial TNI Kodim 0204 DS dalam program pelestarian lingkungan dan pembersihan parit serta pasar tradisional Bakaran Batu Lubukpakam.
 

"Untuk pembersihan parit dilakukan di Desa Bakaran Batu. Sementara penanaman pohon dibantaran sungai di Desa Pagarmerbau III Kecamatan Lubukpakam. Sejauh ini untuk menjaga kebersihan dan saluran parit, Pemerintah Kecamatan Lubukpakam juga rutin melakukan pembersihan melalui tim yang ada," ucap Camat Lubukpakam.

Menanggapi kegiatan ini, Trikarno, (63) Warga Dusun V Desa Pagarmerbau III, Kecamatan Lubukpakam menyebutkan, sebagai warga, kami mengucapkan terimakasih atas kepeduliannya pada Dandim, Camat Lubukpakam, Polsek dan ormas FKPPI serta Karang Taruna Lubukpakam yang melaksanakan bakti sosial di kampung kami.
 

"Kegiatan ini tentunya menjadi rangsangan bagi kami masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan," ujar Trikarno.

Hadir dalam kegiatan, Dandim 0204 DS, Letkol CZI Yoga Febrianto SH MSi, Camat Lubukpakam, Syahdin Setia Budi Pane, Danramil 06 Lubukpakam, Kapten Poniman, Wakapolsek Lubukpakam, Iptu Hutabarat, Ketua FKPPI Deliserdang Amri Falona Lubis dan pengurus Karang Taruna Kecamatan Lubukpakam.
 

Kegiatan juga melibatkan sedikitnya 300 orang terdiri dari Personel Kodim 0204 DS Koramil Lubukpakam, Personel Polsek Lubukpakam, Anggota FKPPI, Karang Taruna, Pegawai Kecamatan, Desa dan Masyarakat. Untuk jumlah pohon yang ditanam di bantaran sungai lebih kurang 500 pohon berbagai jenis.

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.