Jaga Kondusifitas Desa, Satgas TMMD Kodim 0204/DS Dorong Warga Aktifkan Ronda dan Poskamling

Jaga Kondusifitas Desa, Satgas TMMD Kodim 0204/DS Dorong Warga Aktifkan Ronda dan Poskamling.
MedanEkspress | STM Hulu - Tidak hanya bekerja di siang hari, personil Satgas TMMD ke-121 TA 2024 Kodim 0204/Deli Serdang juga aktif melakukan kegiatan positif lainnya saat malam menjelang. 

Seperti yang dilakukan Peltu Rospiandi di salah satu rumah warga di Desa Rumah Sumbul, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (28/7/2024) malam. 

Di sana, Peltu Rospiandi melakukan komsos (komunikasi sosial) terkait keamanan wilayah sekitar dengan beberapa warga. Salah satunya melalui kegiatan ronda dan poskamling. 

Diakui Peltu Rospiandi, kegiatan ronda dan poskamling perlu terus dipertahankan oleh warga, sehingga keamanan desa dan wilayah sekitarnya menjadi lebih terjamin dari aksi kejahatan oleh orang tidak bertanggungjawab.

Tak hanya itu, lanjutnya, melalui kegiatan ronda dan poskamling juga, potensi bencana di wilayah sekitar desa bisa diminimalisir hingga sampai menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

"Seperti kebakaran di malam hari misalnya. Jika ada yang melakukan ronda, kan bisa segera ditangani dengan cepat dan tepat," ucap Peltu Rospiandi.

Begitu juga dengan antisipasi Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di wilayah sekitar Desa Rumah Sumbul yang banyak kebun sawit dan perladangannya.

Menurut Peltu Rospiandi, potensi Karhutla itu perlu dicegah sedini mungkin, yang antara lain bisa melalui partisipasi warga untuk menyosisalisasikan bahaya asap dari kebakaran lahan kepada warga lainnya yang merupakan pemilik lahan.

"Intinya, kerja sama semua warga untuk menjaga kondusifitas wilayah sekitarnya, sangat perlu. Karena masing-masing warga memiliki tanggung jawab moral terhadap wilayah sekitarnya dari gangguan keamanan maupun dampak bencana," pungkas Peltu Rospiandi.

Sumber: Satgas TMMD Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.