Prajurit Kodim 0205/TK Patroli Zona Merah Gunung Sinabung

Prajurit Kodim 0205/TK Patroli Zona Merah Gunung Sinabung.
MedanEkspress | Karo - Sejumlah Prajurit Kodim 0205/Tanah Karo dari Koramil 0205-04/Simpang Empat melakukan patroli pengamanan ke kawasan Zona Merah Gunung Sinabung di tiga kecamatan, yakni Simpang Empat, Naman Teran, dan Merdeka, Rabu (17/7/2024).

Patroli yang bertujuan untuk mencegah warga kembali membuka lahan atau beraktivitas di kawasan Zona Merah Gunung Sinabung itu dilakukan bersama Manggala Agni Daops Sumatera I/Sibolangit, dan BPBD Karo. 
 
Prajurit Kodim 0205/TK Patroli Zona Merah Gunung Sinabung.
Danramil 0205-04/SE, Kapten Czi Menson Tarigan menjelaskan, patroli bersama ini telah dikoordinasikan dengan Kepala Manggala Agni Daops Sumatera I/Sibolangit, Irwan Aprilus Sitanggang, SHut, serta Kalak BPBD Karo, Juspri Nadeak, SSos.

"Patroli ini dalam rangka sinergitas TNI AD bersama Manggala Agni dan BPBD Karo untuk mencegah korban jiwa akibat banjir lahar dingin serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sekitar lereng Gunung Sinabung," jelas Kapten Menson Tarigan.
 
Prajurit Kodim 0205/TK Patroli Zona Merah Gunung Sinabung.
Patroli yang dipimpin Serma Martua Sihombing dari Koramil 0205-04/SE bersama sejumlah Babinsa, personil Manggala Agni serta anggota BPBD Karo itu, juga mengimbau warga untuk senantiasa waspada terhadap segala potensi bencana, termasuk mengaktifkan Poskamling di wilayah masing-masing.

"Kalau tidak ada patroli, sudah pasti warga masuk ke Zona Merah. Padahal sampai saat ini Gunung Sinabung masih berstatus Waspada (Level II), dan masih terjadi erupsi maupun banjir lahan dingin," terang Serma Sihombing dari tempat terpisah. 
 
Prajurit Kodim 0205/TK Patroli Zona Merah Gunung Sinabung.
Dalam patroli ini, Serma Sihombing bersama personil gabungan juga menyampaikan peringatan dari Pos PVMBG (Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi) Simpang Empat maupun Satgas Tanggap Darurat Sinabung untuk tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, maupun radius sektoral 4,5 Km.

"Dari peringatan ini, Desa Sukanalu dan Desa Sigarang-garang di Kecamatan Naman Teran menjadi fokus dari patroli gabungan ini, sehingga tidak ada warga maupun wisatawan yang masuk ke zona merah," ungkapnya.

Sumber: Kodim 0205/TK
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.