Satgas TNI Bersama Warga Mumugu Gotong Royong Bangun Rumah Adat Jew Suku Asmat Papua

Satgas TNI Bersama Warga Mumugu Gotong Royong Bangun Rumah Adat Jew Suku Asmat Papua.
MedanEkspress | Mumugu Nduga – Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Para Raider 503/Mayangkara Kostrad, sebagai salah satu Satuan Jajaran Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) di Papua, tengah melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Opspamtas) Mobil RI-PNG, khususnya di wilayah Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. 

Pada hari Sabtu, 13 Juli 2024, Satgas Yonif 503 Kostrad menggelar acara peresmian Rumat Adat Jew Suku Asmat Papua yang berada di Kampung Mumugu, Distrik Krepkuri. Bangunan Rumat Adat Jew tersebut diresmikan pasca Prajurit TNI bergotong royong dengan warga Mumugu.

Kegiatan gotong royong terselenggara hasil Komunikasi Sosial (Komsos) yang secara aktif terus diselenggarakan oleh Satgas Yonif 503 Kostrad. 
 
Satgas TNI Bersama Warga Mumugu Gotong Royong Bangun Rumah Adat Jew Suku Asmat Papua.
Menurut Komandan Satgas Letkol Inf Gurbasa Samosir, Komsos merupakan salah satu realisasi komitmen TNI dalam melaksanakan Komsos inklusif dengan seluruh warga wilayah Papua. 

Realisasi Komsos kali ini dilakukan para Prajurit TNI Pos Batas Batu pimpinan Lettu Inf Galih Widiharyo di awal pertemuan dengan Bapak Daniel Menjeh selaku Kepala Suku Asmat yang berada di Distrik Krepkuri. 

Hasil Komsos tersebut menyetujui rencana pembangunan dan lokasi Bangunan Rumat Adat Jew berada di Kampung Mumugu. 
 
Satgas TNI Bersama Warga Mumugu Gotong Royong Bangun Rumah Adat Jew Suku Asmat Papua.
Selanjutnya, Pembinaan Teritorial yang terjalin baik antara Prajurit TNI dengan Aparat dan Tokoh Masyarakat Kampung Mumugu, menghasilkan pelaksanaan gotong royong yang berjalan dengan aman dan lancar serta melibatkan banyak pihak yang dapat mempercepat proses pembangunan Rumah Adat tersebut.

Rumah Adat Jew merupakan rumah adat Suku Asmat yang memiliki makna "Roh" atau "Spirit". Bagi Suku Asmat, hal ini bermakna Jiwa atau Sukma yang akan menggerakkan dan menghidupkan kehidupan bersama. 

Masyarakat Suku Asmat yang tinggal di Kampung Mumugu sudah lama menginginkan dibangunnya Rumah Adat Jew tersebut. Dan baru kali ini Rumah Adat Jew dapat direalisasikan pendiriannya melalui cara gotong royong antara Prajurit Satgas Yonif 503 Kostrad dengan seluruh komponen masyarakat di Kampung Mumugu. 
 
Satgas TNI Bersama Warga Mumugu Gotong Royong Bangun Rumah Adat Jew Suku Asmat Papua.
Merespon berdirinya Rumah Adat Jew tersebut, seorang Papa Papua yang dihormati oleh warga Mumugu, atas nama Papa Primus Firkom dengan antusias berkata, “Terima kasih atas kebaikan hati Komandan 503. Rumah Adat Jew sudah berdiri di Mumugu. Tuhan memberkati Bapak-Bapak Tentara semua."

Usai menerima laporan kegiatan, Panglima Koops TNI, Brigjen TNI Lucky Avianto, menyampaikan, inisiatif Satgas Yonif 503 Kostrad mengajak masyarakat bergotong royong membangun Rumah Adat Jew di Kampung Mumugu merupakan realisasi TNI dalam melakukan komunikasi sosial yang inklusif dengan seluruh stakeholder dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di wilayah Papua.

Sumber:  Pen Koops TNI
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.