Wujudkan Kualitas Keluarga Berencana, Kodim Abdya Buka Program KB-Kes

Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Beni Maradona.
MedanEkspress | Abdya - Kodim 0110/Abdya bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan KB Kesehatan yang dilangsungkan di Gedung PKK Desa Blangpadang, Kecamatan Tangan-tangan, Rabu (17/7/2024). 

Kegiatan peningkatan kesehatan tersebut disinergikan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya. Program KB-Kes Semester I TA 2024 ini mengangkat tema "TNI AD Bersama Rakyat Mewujudkan Keluarga Berencana yang Berkualitas". 

Turut hadir Pj Bupati Abdya Darmansah diwakili Plh Sekda Amri AR, ST, Kapolres Abdya AKBP Agus Sulistianto, Kajari Bima Yuda Asmara, Kadis DPMP4 Nur Afni Mulyana, para Kepala Instansi/dinas terkait, Muspika, Persit dan TP PKK serta komponen warga setempat. 

Dalam sambutannya, Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Beni Maradona, S.Sos. menyampaikan hakikat dari kegiatan tersebut ialah sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui keluarga Berencana yang berkualitas dan bebas stunting. 

Keterlibatan TNI dalam program kesehatan bersama ini mengacu pada dasar UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI. Dalam dasar itu ditegaskan salah satu tugas TNI selain perang yaitu Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

"Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari MoU Panglima TNI bersama dengan BKKBN dalam upaya percepatan penurunan stunting," katanya. 

Dandim menyebutkan, hingga saat TNI tetap konsisten membantu pemerintah menyukseskan program kependudukan dan kesehatan masyarakat melalui keluarga yang berkualitas dan bebas stunting. Upaya itu terus digeriliakan, salah satunya dengan program KB Kesehatan. 

Senada dengan itu, Pj Bupati Abdya, Darmansah dalam amanatnya yang dibacakan Plh Sekda, Amri AR,  mengapresiasi Kodim 0110/Abdya yang telah aktif membantu pemerintah dalam menurunkan stunting. 

Dikatakannya, meski kini angka stunting di wilayahnya mengalami penurunan, namun prevalensi stunting tetap prioritas karena menyangkut langsung dengan kualitas dan kesehatan generasi penerus bangsa. 

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat membantu meneruskan edukasi tentang pentingnya KB dalam penurunan stunting. 

"Mudah-mudahan dengan adanya kerja sama lintas sektoral, dan dengan peran masing-masing dapat menurunkan serta menekan prevalensi stunting di Kabupaten Aceh Barat Daya. Kami berharap seluruh pihak yang terlibat dapat berpartisipasi aktif selama kegiatan ini berlangsung, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal," pesan Pj Bupati Abdya. 

Kegiatan KB Kes ini diakhiri dengan sosialisasi kesehatan seputar KB dan pencegahan stunting diisi oleh Kepala DPMP4 Abdya, Nur Afni Mulyana.

Sumber: Kodim 0110/Abdya
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.