Serba-Serbi TMMD: Babinsa Ajak Pelajar Jadi Agen Pecinta Lingkungan

Serba-Serbi TMMD: Babinsa Ajak Pelajar Jadi Agen Pecinta Lingkungan.
MedanEkspress | STM Hulu - Berbagai kegiatan dalam rangka pembinaan teritorial, secara kontinu dilakukan para Bintara Pembina Desa atau Babinsa di lokasi TMMD ke-121 TA 2024 Kodim 0204/Deli Serdang di Desa Rumah Sumbul, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Seperti hari ini, Selasa (20/8/2024) siang, misalnya. Serka Sunar yang sehari-hari berdinas sebagai Babinsa Koramil 0204-21/Tiga Juhar itu, terlihat tengah bersama puluhan pelajar di sebuah lapangan di bawah pohon sawit. 

Kehadiran Serka Sunar tak lain untuk memberikan motivasi kepada para pelajar yang tengah istirahat makan siang.

"Pelan-pelan makannya, dan jangan lupa berdoa ya," ucap Serka Sunar. 

Selesai makan, para pelajar itu langsung mendapat "wejangan" dari Serka Sunar tentang pentingnya mencintai alam dan pelestariannya.

Diuraikan Serka Sunar, alam menyediakan banyak manfaat bagi manusia. Mulai dari sumber makanan, sumber energi, bahan sandang, bahan bangunan, bahan olahan makanan, bahan kerajinan, kesehatan, rekreasi, keanekaragaman hayati, pengaturan iklim, serta bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Begitu banyaknya manfaat alam bagi manusia. Namun kenapa manusia begitu nekad merusak ekosistem alam. Seperti perambahan, pembalakan hutan atau ilegal logging, hingga membuat terjadinya Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) secara sengaja demi membuka lahan untuk pertanian atau perkebunan.

"Semua hal yang menyebabkan kerusakan alam itu harus dicegah. Bila tidak, maka manusia akan sering mendapat kesulitan hidup. Seperti banjir bandang, longsor dan pemanasan iklim ekstrim karena tidak ada lagi pohon penghijauan," jelas Serka Sunar.

"Kalian sebagai generasi penerus, masih bisa melakukan pencegahan terhadap kerusakan ekosistem alam dan lingkungan yang lebih parah dari kondisi saat ini, dengan bersikap peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar. Kalian juga bisa menjadi agen pecinta lingkungan yang menyuarakan pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan untuk kepentingan bersama semua manusia," papar Serka Sunar. 

Dalam komsos itu, Serka Sunar berharap apa yang dibahas ini bisa menjadi renungan bagi para pelajar, sehingga di masa berikutnya akan melakukan gerakan perubahan untuk pelestarian alam dan lingkungan. 

"Jika kalian menyayangi alam dan lingkungan, maka alam dan lingkungan juga akan menjaga kalian. Ingat! Bukan hanya kalian yang disebut makhluk. Gunung, hutan, lautan, sungai dan segala isi di alam semesta ini juga makhluk yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, dengan menyayangi alam, artinya kalian juga menyayangi masa depan yang lebih baik," tutup Serka Sunar.

Sumber: Satgas TMMD Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.