Babinsa Kodim 0724/Boyolali Ikut Berjibaku Padamkan Api di Hutan Jati


MedanEkspress | Boyolali - Tiga personil Babinsa Koramil 0724-14/Klego, Kodim 0724/Boyolali yang dipimpin Serma Nur Khamim bersama warga ikut membantu petugas pemadam kebakaran memadamkan api di lahan hutan jati di Dukuh Ngablak, Desa Tanjung, Kecamatan Klego  Kabupaten Boyolali, Selasa (3/9/2024) kemarin.

Serma Nur Khamim yang mendapat  informasi tersebut langsung bergerak bersama Babinsa lainnya ke lokasi guna membantu warga memadamkan api yang merambat sembari menunggu petugas pemadam kebakaran.
 

Serma Nur Khamim mengatakan awal mulanya mendapatkan informasi kebakaran tersebut dari warga yang melihat titik api di sekitar jalan utama Simo -Klego, Dia memperkirakan penyebab utama akibat pengguna jalan raya yang tidak bertanggung jawab membuang puntung rokok yg masih menyala di sembarang tempat, kemudian dikarenakan dengan tiupan angin yang kencang sehingga api membesar dan menjalar ke sekitaran Gunung Madu.

Di tempat terpisah, Dandim 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, S.Pd.M.Han menuturkan bahwa telah memerintahkan kepada para Babinsa agar selalu menghimbau kepada warganya untuk tidak membakar lahan perkebunan atau pada saat membuka lahan, selama musim kemarau ini.
 

"Kebakaran hutan dan lahan ini dapat menimbulkan kerugian baik aspek sosial, ekonomi, kesehatan dan lingkungan, saya himbau agar masyarakat lebih bijak dalam mengelola kebun maupun lahan," ucapnya

Dandim juga meminta para Babinsa agar proaktif melakukan sosialisasi dan penanggulangan bersama warga setempat. Agar mereka merasakan juga susahnya memadamkan kebakaran lahan.
 

"Kita juga akan berkordinasi dengan pihak terkait untuk memberikan edukasi juga mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya dan dampak dari membakar lahan apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau," ucap Dandim.

Dandim berharap, agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali, dan kepada seluruh masyarakat agar tidak membakar lahan dengan alasan apapun di saat musim kemarau ini. Masalah kebakaran hutan dan lahan bukan semata – mata menjadi tanggung jawab TNI, Polri dan Pemda saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama.

Sumber: Kodim 0724/Boyolali 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.