Cegah Kerugian Petani, Babinsa dan Pemdes Gulirkan Semenisasi Kanal Sawah


MedanEkspress | Abdya - Dalam rangka mengantisipasi kerugian petani akibat banjir dan luapan air sungai saat musim penghujan, Babinsa Koramil 04/Susoh Kodim 0110/Abdya Serda Nasir memberikan dukungan terhadap program semenisasi parit/kanal sawah di Desa Palak Hulu Kecamatan Susoh, Kamis (12/9/2024).

Upaya dukungan ini ditunjukan oleh Babinsa dengan kegiatan monitoring rutin di lokasi pembangunan.

Didampingi Kepala Desa Edi Azhar, Babinsa Nasir menyebutkan program semenisasi tersebut digulirkan oleh pemerintah desa mengamini keluhan dari para petani yang kerap mengalami kerugian gagal panen akibat tanaman padi terendam luapan banjir.

"Bila hujan tiba luapan air dari jalan semuanya turun ke sawah dan merendam padi. Itu terjadi karena tidak adanya struktur parit yang memadai," terang Babinsa Nasir.

Kades Palak Hulu Edi Azhar membenarkan reaksi cepat tersebut dilakukan pihak Pemdes untuk mengantisipasi banjir dan luapan pada sawah saat musim penghujan tiba. 

Program semenisasi kanal sawah tersebut ditargetkan akan selesai usai kegiatan panen padi pada bulan depan. Ia optimis kanal air itu sudah dapat dimanfaatkan oleh para petani pada musim tanam padi berikutnya.

"InsyaAllah, dengan kanal ini ke depan sawah kita tidak lagi kebanjiran. Mudah-mudahan tidak ada lagi kerugian petani gagal panen akibat padi terendam maupun kekeringan tidak terairi. Kanal ini lah yang nantinya akan mengalirkan pengairan," tutupnya.

Sumber: Kodim 0110/Abdya 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.