Masuk Kelas, Babinsa Ajarkan Nilai Kebangsaan di SMP YAPK Dolok Merawan


MedanEkspress | Sergai - Salah satu wujud hadirnya Babinsa di tengah warga desa binaanya, adalah memberikan manfaat dan menjadi solusi atas masalah yang terjadi.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0204-14/Dolok Merawan, Kodim 0204/Deli Serdang, Serka KM Boang Manalu dalam program serbuan teritorial Senin Kebangsaan di SMP YAPK Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (30/9/2024).

Di sana, Serka KM Boang Manalu tampil menjadi tenaga pendidik (Gadik) sementara dengan memberikan materi nilai-nilai kebangsaan kepada siswa.

Dijelaskan Serka KM Boang Manalu, nilai kebangsaan adalah norma-norma kebaikan yang melekat pada diri setiap Warga Negara Indonesia dan menjadi ciri kepribadian bangsa. 

"Nilai-nilai kebangsaan itu bersumber dari Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika," ungkapnya.

Bagi bangsa Indonesia, nilai kebangsaannya diwujudkan dengan sikap religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan, keadilan, demokrasi, kesamaan derajat, ketaatan hukum, toleransi, dan gotong-royong. 
 
"Nilai-nilai kebangsaan ini harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat, seperti gotong-royong membersihkan lingkungan, mengikuti kegiatan keagamaan, dan melestarikan budaya bangsa sebagai warisan sejarah," urainya.

Melalui pembekalan ini, Serka KM Boang Manalu berharap akan terbangun semangat nasionalisme dan bela negara di hati setiap siswa yang kelak menjadi generasi emas penerus kejayaan bangsa Indonesia.

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.