Ribuan Warga di Kodam I/BB Antusias Ikuti Baktikes dan Baksos HUT ke-79 TNI Tahun 2024


MedanEkspress | Medan - Ribuan warga masyarakat di wilayah Kodam I/BB yang meliputi Sumut, Riau, Sumbar dan Kepri, antusias mengikuti kegiatan Bakti Kesehatan dan Bakti Sosial yang digelar untuk menyambut HUT ke-79 TNI Tahun 2024, Minggu (22/9/2024).

Di Kota Medan, Sumut, kegiatan dipusatkan di lapangan RS Putri Hijau Medan. Begitu juga di daerah lainnya, kegiatan digelar di satuan korem setempat di jajaran Kodam I/BB. 
 

Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan menjelaskan, kegiatan ini digelar secara bersama oleh Kodam I/BB dengan Lantamal I Belawan, Kosek I Medan, Lanud Soewondo serta Polda Sumut. 

"Kegiatan Baktikes dan Baksos ini dilaksanakan secara terpusat di Silang Monas, Jakarta, dan kita di Kodam I/BB menggelarnya secara serentak di berbagai daerah," ucap Mayjen Hasan.
 

Di kesempatan tersebut, Mayjen Hasan bersama Danlantamal I Belawan, Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, SE, CHRMP, serta Dankosek I Medan, Marsma TNI Toto Ginanto, ST, MAP, MHan, juga melaporkan rangkaian kegiatan Baktikes dan Baksos yang digelar kepada Panglima TNI melalui video conference.

Yakni donor darah diikuti sebanyak 4.904 orang, pengobatan massal 2.909 orang, pengobatan gigi 838 orang, pemeriksaan THT 300 orang, khitanan massal 339 orang, operasi katarak 153 orang, operasi bibir sumbing 55 orang, pembagian sembako 4.020 paket, serta pemberian makan gratis 6.500 porsi.
 

"Ribuan warga masyarakat yang menerima manfaat dari Baktikes dan Baksos ini, menyampaikan terima kasih kepada TNI dan berharap kegiatan serupa bisa terus berlanjut di masa-masa berikutnya," ucap Mayjen Hasan dalam laporannya kepada Panglima TNI.

Kepada media, Mayjen Hasan mengatakan, kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan oleh satuan-satuan TNI pada saat menjelang peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024. 
 
 

"Jauh sebelumnya sudah banyak yang dilakukan. Seperti TNI AD Manunggal Air, penanganan bencana dan wabah penyakit, bedah rumah serta lainnya," ujar Mayjen Hasan.

"Kepada Panglima TNI, tadi saya juga melaporkan tentang penanganan penyakit malaria yang terjadi di Kepulauan Nias dalam lima bulan terakhir," ungkapnya.
 

Langkah yang telah dilakukan, lanjut Mayjen Hasan, tidak hanya mendorong kekuatan yang dimiliki satuan TNI di wilayah Kodam I/BB, tetapi juga menggandeng pemerintah daerah untuk optimalisasi penanganan kasus.

Begitu juga dengan operasi katarak, operasi bibir sumbing, dan sunat. Mayjen Hasan berharap bantuan media untuk publikasi kepada masyarakat, bahwa satuan TNI membuka diri untuk menangani kasus-kasus seperti ini.
 
 
 

"Silakan jika ada masyarakat yang hendak operasi katarak, operasi bibir sumbing atau sunat, untuk datang langsung ke fasilitas kesehatan TNI. Kalau Kodam I/BB ke RS Putri Hijau atau ke RS TNI AL di Lantamal I Belawan," terang Mayjen Hasan.

Kegiatan Baktikes dan Baksos ini tidak hanya diikuti elemen masyarakat. Sejumlah Prajurit TNI Trimatra, PNS TNI, Persit, Jalasenastri dan PIA Ardhya Garini, juga ikut ambil bagian untuk mendonorkan darah atau memeriksakan kesehatannya. 
 

Tampak hadir di acara, antara lain Kasdam I/BB Brigjen TNI Refrizal, Irdam I/BB Brigjen TNI Boni Cristian Pardede, Kapoksahli Pangdam I/BB Brigjen TNI David Hatigoran Hutagaol, Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Ucok Enrico Hutadjulu, SH, MM, CHRMP, Karumkit Bhayangkara Tk II Medan, Kombes Pol dr Taufik Ismail, SpOG, PJU dari Kodam I/BB, Lantamal I Belawan, dan Kosek I Medan, serta tamu undangan lainnya.

Sumber: Pendam I/BB
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.